PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN TALLKING STICK DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI COMPACT CASSETE RECORDER DI KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

. Bayu Hidayat, . Nur Kholis

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Tallking Stick lebih baik dari pada menggunakan Student Teams Achievement Divisions (STAD), pada standar kompetensi memperbaiki compact cassete recorder.

Metode pembelajaran tipe Tallking Stick diharapkan kepada siswa agar dapat mengatasi berbagai masalah dan dapat mencari pemecahan masalah atau solusi dari permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dimanakelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol

Dari hasil tes hasil belajar melalui pemberian soal post-test, penerapan metode pembelajaran kooperatif tallking stick lebih baik daripada metode pembelajaran kooperatif student teams achievement divisions (STAD), dengan rata-rata nilai siswa 80,03 untuk kelas eksperimen yang diberikan metode pembelajaran tallking stick dan nilai rata-rata 72,53 untuk kelas kontrol yang diberikan metode pembelajaran student teams achievement divisions (STAD). Dari hasil perhitungan, diperoleh Thitung sebesar: 6,607, dengan nilai sig (p) = 0,000, sehingga diperoleh dari hasil perhitungan adalah: nilai sig.(p) Thitung (0.004) < 0.05. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hal ini berarti terdapat perbedaan  yang signifikan terhadap hasil belajar kelaseksperimen yang menggunakan metode pembelajaran tallking stick. Dengan kelas control yang menggunakan metode pembelajaran students teams achievement divisions (STAD).

 

Kata kunci: hasil belajar, penelitian eksperimen, metode pembelajaran kooperatif tipe tallking stick.

 

ABSTRACT

This study aims to compare the type of cooperative learning method with learning methods tallking Stick Student Teams Achievement Divisions to improve student learning outcomes in the class X TAV standard compact cassette recorder repair competence. This study was conducted with the aim: to determine student learning outcomes using learning methods tallking Stick better than using Student Teams Achievement Divisions (STAD), the standard of competence to fix the compact cassette recorder.

                    Stick tallking-type learning methods are expected to students in order to address the various problems and can search for solving the problem or the solution of these problems. This research uses experimental research dimanakelas X TAV as an experimental class 1, and class 2 as class X TAV controls.                    From the test results about the learning outcomes through the provision of post-test, the implementation of cooperative learning methods tallking stick better than the methods of cooperative learning student teams achievement divisions (STAD), with an average value of 80.03 for the experimental class students are given learning method tallking stick and the average value of 72.53 for the given control class learning methods student teams achievement divisions (STAD). From the calculation results, obtained t was: 6,607, with sig (p) = 0.000, so that the results obtained from the calculation is: sig. (P) t-test (0.004)> 0.05. So that H1 is accepted and H0 is rejected, it means that there are significant differences on learning outcomes kelaseksperimen tallking learning method that uses a stick. With a control class that uses learning methods students teams achievement divisions (STAD). Keywords: learning outcomes, experimental research, cooperative learning methods tallking stick.

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro