PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TPM DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Agung Nurkholis

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran CTL, (2)  mengetahui kesulitan pelaksanakan pembelajaran CTL (3) mengetahui respon siswa dalam melaksanakan pembelajaran CTL (4) mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran CTL pada mata pelajaran kelistrikan mesin dan konversi energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design.  Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Surabaya pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan yaitu kelas X TPM 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X TPM 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode Test, dan metode angket. Hasil penelitian ini yaitu proses pelakasanan pembelajaran metode CTL dapat terlaksana dengan baik. Terdapat kesulitan dalam proses pelaksanaan penelitian memperoleh hasil 55% dikategorikan cukup baik. Respon siswa terhadap metode CTL mendapatkan skor rata-rata 79,5% dikategorikan Baik. Hasil belajar kelas ekperimen setelah diterapkan metode CTL menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 36,63 menjadi 77,63.


Kata kunci: metode CTL, generator, hasil belajar siswa dan respon siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.