PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TEKNIK PENGERJAAN LOGAM KELAS X TPM 1 SMK NEGERI 3 SURABAYA

Forbenk Frauz Ali Suparmanto

Abstract


Abstrak


Model pembelajaran yang diterapkan pada KD menerapkan teknik pengerjaan logam adalah model pembelajaran Quantum teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran Quantum teaching, (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada KD menerapkan teknik pengerjaan logam. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi: lembar pengamatan aktivitas siswa, soal pretest-posttest, dan lembar penilaian afektif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan data berupa angka-angka yang diperoleh selama penelitian. Hasil yang diperoleh, rata-rata aktivitas siswa yaitu 81,7% dari keseluruhan siswa. Sedangkan soal pretest memperoleh rata-rata 52 dan meningkat setelah diberi perlakuan menjadi 78,6. Untuk hasil penilaian afektif mendapatkan angka 3,13 dengan predikat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching memberi pengaruh terhadap aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar yang didapatkan.


Kata Kunci: model pembelajaran quantum teaching, menerapkan teknik pengerjaan logam, aktivitas dan hasil belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.