PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK DHARMA SISWA 1

Putranto Chorita Heru Utomo

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini antara lain : (1) mengetahui bagaimana proses belajar menggunakan Model pembelajaran Think Pair Share. (2) mengetahui keterlaksanaan sintaks pembelajaran model Think Pair Share dan (3) Mengetahui hasil belajar siswa.Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-experimental tipe One group pretes postes menggunakan analisis deskriftif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Dharma Siswa 1 Sidoarjo dengan Subjek siswa kelas X TPM dan Objek yang berupa Model pembelajaran Think Pair Share. Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran dilakukan melalui lembar observasi. Evaluasi hasil belajar dilakukan dengan hasil video pembelajaran dengan model yang sudah dilakukan.Dari analisis data hasil penelitian diketahui bahwa Pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) dapat berjalan dengan baik dan proses pembelajaran lebih terkendali. Keterlaksanaan sintaks pembelajaran dengan menggunakan metode Think Pair Share (TPS) mayoritas terlaksana dan dapat dikatakan pembelajaran berjalan dengan baik, sedangkan hasil belajar siswa meningkat  dengan rata-rata awal 51,63 menjadi 79,51.


Kata Kunci: model pembelajaran think pair share, keterlaksanaan sintaks, hasil belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.