PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSOTION(CIRC) PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TPM SMK NEGERI 2 SURABAYA

BAGUS BUDI ANTONO

Abstract


Abstrak


Secara garis besar pendidikan merupakan cara yang tepat dan strategis untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Kendala yang dihadapi saat proses pembelajaran yaitu penyampaian materi yang berjalan satu arah. Siswa sering merasa jenuh dengan metode ceramah yang digunakan oleh guru, sehingga mereka tidak aktif dan hasil belajarnya tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran Mekanika Teknik, perbedaan hasil belajar, dan respon siswa terhadap terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 2 Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitan Quasy Experiment yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMK Negeri 2 Surabaya. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas X TPM SMK Negeri 2 Surabaya. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar angket respon siswa, lembar soal pretest dan lembar soal posttest.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan metode angket respon. Analisis data ini menggunakan teknik statistik parametis yang meliputi uji validitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Data respon siswa dianalisis menggunakan Skala Likert dengan metode angket. Evaluasi nilai peningkatan hasil belajar dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata pretest dan nilai posttest yang dihitung dengan menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah respon siswa dari kelas X TPM 1 terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) termasuk kategori baik. Hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan dengan dibuktikan dengan thitung (3,302) lebih besar daripada ttabel (1,665). Hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan model pembelajaran langsung.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Mekanika Teknik, Respon Siswa, Hasil Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.