STUDI KOMPARASI PERFORMA MESIN BERBAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN CAMPURAN PREMIUM DAN PERTAMAX PADA BERBAGAI VARIASI PADA SEPEDA MOTOR NEW HONDA VARIO 110 FI

YUANGGA DIMAS W

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hasil perbandingan bahan bakar Pertalite dibandingkan dengan campuran Premium dan Pertamax terhadap performa mesin yang meliputi torsi, daya, tekanan efektif rata-rata dan konsumsi bahan bakar kendaraan New Honda Vario 110 FI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan mesin sepeda motor New Honda Vario 110 FI sebagai obyek penelitian. Dan bahan bakar yang diuji adalah Pertalite dan campuran Premium dengan Pertamax dengan perbandingan 50%-50%, 35%-65% dan 25%-75%. Faktor – faktor yang diobservasi dan diukur yaitu torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar, dan tekanan efektif rata – rata. Dengan pembanding hasil penelitian eksperimen yang dilakukan yaitu variasi putaran mesin 3500 rpm sampai 9000 rpm. Standar pengujian menggunakan metode pengujian performa mesin berdasarkan SAE JI349 yaitu “Engine Power Test Code-Spark Ignition-Net Power Rating”. Bahan bakar premium 50% pertamax 50% memiliki nilai torsi optimal yaitu sebesar 1,46 kgf.m pada putaran 4000 rpm. Bahan bakar Premium 50% Pertamax 50%  memiliki nilai daya optimal yaitu sebesar 8,82 PS pada putaran 5500 rpm. Bahan bakar Premium 50% - Pertamax 50% memiliki nilai konsumsi bahan bakar yang rendah yaitu sebesar 0,025 kg/HP.jam pada putaran 4000 rpm. Bahan bakar Premium 50% Pertamax 50% memiliki nilai tekanan efektif rata-rata optimal sebesar 4,22 kg/cm2 pada putaran 4000 rpm. Bahan bakar yang mempunyai nilai oktan yang tinggi menyebabkan tekanan dan temperatur pembakaran semakin tinggi sehingga energi pembakaran yang dihasilkan juga akan semakin besar. Nilai oktan suatu bahan bakar yang tinggi menyebabkan proses pembakaran lebih sempurna sehingga energi hasil pembakaran dapat dimanfaatkan secara maksimal. Nilai oktan dan rasio kompresi tinggi menghasilkan tenaga yang besar pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar rendah.


Kata Kunci: Studi Komparasi, Bahan Bakar, Performa Mesin


 


Abstract


The purpose of this study was to find out how much Pertalite fuel comparison results compared to the mixture of Premium and Pertamax on engine performance which includes torque, power, average effective pressure and fuel consumption of New Honda Vario 110 FI vehicles. This research type is experiment, with New Honda Vario 110 FI motorcycle engine as research object. And the fuel tested is the Pertalite and Premium mixture with Pertamax with a ratio of 50%-50%, 35%-65% and 25%-75%. The factors observed and measured were torque, effective power, fuel consumption, and average effective pressure. By comparison the results of experimental research conducted variations of engine rotation 3500 rpm to 9000 rpm. Testing standard using machine performance testing method based on SAE JI349 is "Engine Power Test Code-Spark Ignition-Net Power Rating". Fuel on 50% Pertamax 50% premium has an optimum torque value of 1.46 kgf.m at 4000 rpm rotation. Fuel on Premium 50% Pertamax 50% has an optimum power value of 8.82 PS at 5500 rpm. Fuel on Premium 50% Pertamax 50% has a low fuel consumption value of 0.025 kg / HP.jam at 4000 rpm. Fuel on Premium 50% Pertamax 50% has an optimum average effective pressure value of 4.22 kg / cm2 at 4000 rpm rotation. Fuel that has a high octane number causes the pressure and combustion temperature higher so that the combustion energy generated will also be greater. An octane number of a high fuel causes a more complete combustion process so that the combustion energy can be utilized to the fullest. The octane rating and high compression ratio produce great power on the vehicle and low fuel consumption.


Keywords: Comparative Study, Fuel, Machine Performance



 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.