PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM PENGISIAN GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGISIAN PADA SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 3 SURABAYA

Tanto Dwi Widagdo

Abstract


Abstrak


Latar belakang penelitian adalah belum tersedianya modul pembelajaran yang baik dan layak yang diukur melalui tingkat kevalidan dan kepraktisan, guna meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar memahami dan memelihara sistem pengisian untuk kelas XI TKR SMK Negeri 3 Surabaya.  Tujuan penelitian ini menghasilkan modul yang layak, praktis, efektif serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Dick and Carey dengan sepuluh tahap pengembangan. Penelitian dan pelaksanaan dilakukan di SMK Negeri 3 Surabaya. Instrumen yang digunakan guna mengukur nilai kevalidan dan kepraktisan modul menggunakan angket pada dosen ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, dan siswa. Instrumen guna mengukur nilai keefektifan modul adalah berupa uji coba terbatas dengan membandingkan hasil belajar kelas modul dan kelas diktat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi modul oleh dosen ahli materi, dosen ahli desain, dan validasi oleh dosen ahli bahasa diperoleh rata-rata kriteria valid. Penilaian kepraktisan modul oleh siswa memperoleh kriteria sangat baik. Peningkatan hasil belajar kelas modul medapatkan nilai lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar kelas diktat. Penilaian kualitas pembelajaran kegiatan 1 dan kegiatan 2 mendapat kriteria sangat baik


Kata Kunci: Pengembangan modul, sistem pengisian, hasil belajar.


Abstract                            


The background of the study is the unavailability of good and decent learning modules measured through the level of prevalence and practicality, in order to improve the learning outcomes on the basic competencies to understand and maintain the charging system for class XI TKR SMK Negeri 3 Surabaya. The purpose of this research is to produce a module that is feasible, practical, effective and can improve the quality of learning that impact on the increase of student learning outcomes.The research method used the Dick and Carey development model with ten development stages. The research and implementation is done in SMK Negeri 3 Surabaya. Instruments used to measure the validity and validity of modules using questionnaires for lecturers of materials experts, linguists, designers and students.  The instrument to measure the value of the effectiveness of the module is a limited trial by comparing the learning results of the module class and the dictate class.Based on the results of the research note that the module validation results by lecturers of material experts, lecturers design experts, and validation by linguist lecturers obtained an average of valid criteria. Assessment of the practicality of modules by students obtained a very good criteria. Improved learning outcomes module class get higher scores then outcomes diktat class. Assessment of the quality of learning activities 1 and activity 2 got a very good criteria.


Keyword: Development of module, charging system, learning result.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.