PENGEMBANGAN MODUL LAS SMAW MATA KULIAH PRAKTIKUM TEKNIK PENGELASAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN FT-UNESA

IRFAN SUBIANTORO

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul yang layak digunakan pada pembelajaran praktikum Pengelasan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.


Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Dick and Carrey dengan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin  Universitas Negeri Surabaya. Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai responden adalah 3 dosen validator dan  mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin Produksi Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2015 tahun ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi : lembar angket dan lembar observasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas modul Las Busur Listrik yang dihasilkan. Hasil pengamatan pada sampel saat uji coba terbatas tahap pertama (tanpa menggunakan Modul las busur manual yang dikembangkan), diperoleh prosentase aktivitas belajar mahasiswa sebesar 80,008 %, sedangkan hasil pengamatan saat uji coba terbatas tahap kedua (dengan menggunakan Modul las busur manual yang dikembangkan), diperoleh prosentase aktivitas belajar mahasiswa sebesar 90,48.%. Jadi setelah menggunakan modul las busur manual yang dikembangkan, terjadi peningkatan aktivitas belajar mahasiswa sebesar 10,472 %.


Kata kunci : Pengembangan Modul, Las Busur Listrik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.