DESAIN DAN ANALISIS SISTEM SUSPENSI AKTIF MODEL SEPEREMPAT KENDARAAN DENGAN KENDALI PID (PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE)

FERLY ISNOMO ABDI

Abstract


Abstrak


Perkembangan teknologi otomotif pada sistem suspensi bertujuan untuk memberikan efek kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.Sistem suspensi aktif yang memiliki low-pass filterdisebut Low Bandwidth Active Suspension (LBAS) dan yang tidak adalah High Bandwidth Active Suspension (HBAS).Kendali PID (Proportional Integral Derivative) adalah sebuah pengendali konvensional, sederhana, praktis dan implementasinya mudah.Penelitian ini mendesain parameter dari PID dengan metodeZiegler-Nichols dan Auto Tuning. Pengukuran yang digunakan adalah pada percepatan sprung-mass. Analisis performa dengan nilai RMS (root mean square)dan comfort gain yangdibandingkan dengan sistem pasif.Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dalam mendesain diperlukan tahapan pemodelan dari model fisik,dinamis,matematika, state-space dan Tuning PID.Didapatkan bahwa kendali P lebih baik dari kendali PI dan PID. Performa dari LBAS dengan kendali P pada percepatan sprung-mass, defleksi suspensi, dan deformasi banadalah 0,4574 m/s2; 0,01 m; dan 0,0013 m sedangkan HBAS sebesar 0,1233 m/s2; 0,0015 m; dan 0,01 m. Nilai comfort gain LBAS percepatan sprung-mass, defleksi suspensi, dan deformasi banadalah 18,67%; 4,76%; 13,33% sedangkan HBAS 78,08%; 85,71%; -566,67%.


Kata Kunci: Seperempat Kendaraan, Sistem Suspensi Aktif, PID, Comfort Gain.


 


Abstract


The development of automotive technology in the suspension system aims to provide comfort and safety effects in driving. The active suspension system that has a low-pass filter is called Low Bandwidth Active Suspension (LBAS) and which is not High Bandwidth Active Suspension (HBAS). PID control (Proportional Integral Derivative) is a conventional controller, simple, practical and easy to implement. This research designs the parameters of PID with Ziegler-Nichols and Auto Tuning methods. The measurement used is sprung-mass acceleration. Performance analysis with RMS value (root mean square) and comfort gain compared with passive system. The results of this study found that in designing the required stages of modeling of the physical model, dynamic, math, state-space and Tuning PID. It is found that P control is better than PI and PID control. Performance of LBAS with P control at sprung-mass acceleration, suspension deflection, and tire deformation is 0.4574 m/s2; 0.01 m; and 0,0013 m while HBAS of 0.1233 m/s2; 0.0015 m; and 0.01 m. The value of LBAS comfort gain acceleration of sprung-mass, suspension deflection, and tire deformation were 18.67%; 4.76%; 13.33% while HBAS 78.08%; 85.71%; -566.67%.


Keywords: Quarter car, Active Suspension System, PID, Comfort Gain.



 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.