PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN SE-KECAMATAN LAKARSANTRI SURABAYA

DAWATUL KHOIROH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media flip chart terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN se-kecamatan Lakarsantri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Sampelnya adalah siswa kelas IV C di SDN Jeruk I/469 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV B di SDN Bangkingan II/442 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil perhitungan uji hipotesis perbedaan nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen, diperoleh 15thitung "> 4,203> 15ttabel"> 2,063. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media flip chart terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN se-kecamatan Lakarsantri Surabaya.


Kata kunci: flip chart, keterampilan menulis narasi


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.