PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VB DI SD INSAN MULYA DRIYOREJO GRESIK

EFRINA FITRIANINGRUM

Abstract


Abstrak


Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran konvensional mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan open-ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan lokasi penelitian di SD Insan Mulya, Driyorejo Gresik. Subjek penelitia adalah guru dan siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes tulis dan non-tes berupa observasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan beberapa tahapan, yaitu tahap perencanan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi aktivitas guru 73,86% pada siklus I dan 85,22% pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa 67,5% pada siklus I dan 85% pada siklus II. Hasil tes kreativitas secara klasikal menunjukkan ketuntasan sebesar 75% pada siklus I dan 85,71% pada siklus II. Sedangkan berdasarkan penilaian berdasarkan aspek berpikir kreatif diperoleh 71,43% pada siklus I dan 80,56% pada siklus II.


Kata Kunci: pendekatan open-ended, berpikir kreatif, IPS.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.