IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 1 CERME KIDUL- CERME-GRESIK

Durrotun Nihayah

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter, faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter, persepsi stakeholder tentang pendidikan karakter di SDN 1 Cerme Kidul. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data analisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil menunjukkan (a) pendidikan karakter yang ditonjolkan yaitu peduli lingkungan, (b) pelaksanaan pendidikan karakter diimplementasikan dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan sehari-hari siswa, (c) ketercapaian pendidikan karakter yaitu perubahan perilaku yang dialami siswa-siswa, (d) faktor pendukung pendidikan karakter yaitu adanya tenaga pendidik yang berkompeten, sarana prasarana yang memadai dan sesuai kebutuhan serta antusiasme siswa, (e) faktor penghambat pendidikan karakter yaitu beberapa orang tua yang kurang berpartisipasi maksimal, (f) stakeholder mendukung program pendidikan karakter.


Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Deskriptif Kualitatif.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.