PENGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III SDN BALONGBENDO SIDOARJO

angga eko budi arista

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Balongbendo Sidoarjo dengan bukti ada 8 siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa yang belum mencapai KKM 70. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan teknik pengumpulan data  dengan cara observasi dan tes. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar dan kendala-kendala dalam penggunaan media gambar seri. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus, masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pada siklus I pertemuan 1 rata-rata keterlaksanaannya adalah 62 dan memperoleh persentase 72%, pada siklus I pertemuan 2 rata-rata keterlaksanaannya adalah 74,5 dan memperoleh persentase 75%, pada siklus II pertemuan 1 rata-rata keterlaksanaannya adalah 89 dan memperoleh persentase 93%, sedangkan pada siklus II pertemuan 2 rata-rata keterlaksanaannya adalah 92 dan memperoleh persentase 96%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, pada siklus I pertemuan 1 61%, pada siklus I pertemuan 2 61%, pada siklus II pertemuan 1 94%, pada siklus II pertemuan 2 100%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Gambar Seri dapat meningkatkan Keterampilan Menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Balongbendo Sidoarjo.


Kata Kunci : Media Gambar Berseri dan Menulis Karangan Narasi.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.