PENGGUNAAN MEDIA KONKRET ATRIBUT KERJA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SDN LAKARSANTRI II KOTA SURABAYA

Saifuddinir Rahmadi

Abstract


Penelitian ini menggunakan atribut kerja sebagai media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan lokasi penelitian di SDN Lakarsantri II Kota Surabaya, dan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV SDN Lakarsantri II/473. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Untuk aktivitas guru pada siklus I, prosentase menunjukkan angka 76%, danpada siklus II meningkat menjadi 83%.Aktivitas siswa pada siklus I prosentase nilai 66%.. Dan di siklus II, aktivitas siswa meningkat, menjadi 80%.Hasil belajar kognitif yang diukur melalui hasil tes di lembar evaluasi menunjukkan peningkatan dari 36,8% di siklus I menjadi 81,5% di siklus II. Hasilnya menunjukkaan bahwa penggunaan media konkret atribut kerja mampu meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci: media konkret atribut kerja


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.