PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOTAK FASE BULAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KENAMPAKAN BENTUK BULAN DI SEKOLAH DASAR

Imam Choldun Junaidi Ardiansyah

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik perlu adanya penunjang untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, hal tersebut dapat didukung dengan penggunaan berbagai jenis media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang efektif dalam proses pembelajaran, akan tetapi pada kenyataannya tenaga pendidik yang berada pada daerah candi sidoarjo khususnya tenaga pendidik di SDN Tenggulunan Sidoarjo belumlah menerapkan hal tersebut, hal ini berimbas pada pemahaman materi siswa yang cenderung rendah jika hanya melakukan pembelajaran tanpa adanya media pembelajaran, salah satu solusinya dapat menerapkan media saat melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media kotak fase bulan terhadap hasil belajar siswa.  Penelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen bertipe quasi non equivalent design. Desain ini hampir sama dengan pretest-posttest control group desain, tetapi pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok control tidak dipilih secara random. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tenggulunan Sidoarjo. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling non probability sampling, sampling jenuh. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa, yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Data tersebut akan diolah dengan statistik parametric dan uji-t dua sampel independen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas control. Kenaikan hasil belajar pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang (N-gain=0,475) dan pada kelas control berada pada kategori rendah (N-gain=0,26). Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperiment yang menggunakan media kotak fase bulan dibandingkan kelas kontrol  yang menggunakan media konvensional. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media kotak fase bulan terhadap hasil belajar siswa.


 Kata Kunci: Penunjang Pembelajaran, Kotak Fase Bulan, Hasil Belajar


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.