Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Teknik Bercerita Berpasangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Gulomantung Gresik

Maria Magdalena

Abstract


Penelitian ini berawal dari rendahnya nilai keterampilan berbicara yang dimiliki oleh siswa kelas V SDN Gulomantung Gresik. Permasalahan tersebut dapat di atasi dengan teknik bercerita berpasangan karena diyakini sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran, peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara siswa dan cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif meskipun data yang dikumpulkan dapat bersifat kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah guru dan seluruh siswa kelas V SDN Gulomantung Gresik yang berjumlah 34 siswa serta lokasi penelitiannya diadakan di kelas V SDN Gulomantung gresik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan disetiap siklusnya. Terdapat 3 tahapan dalam setiap siklus, yaitu: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan teknik bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gulomantung Gresik.


Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, teknik bercerita berpasangan, keterampilan berbicara


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.