PENERAPAN TEKNIK PERSPEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR BENTUK TIGA DIMENSI MATA PELAJARAN SBK PADA SISWA KELAS IV SDN TANJUNGANOM IV NGANJUK

OKTAVINA IKA PALUPI

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menggambar bentuk tiga dimensi siswa pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan. Kondisi ini dikarenakan belum adanya penerapan pembelajaran seni rupa yang benar dan mengabaikan teknik yang digunakan dalam menggambar. Solusinya dengan menerapkan teknik menggambar perspektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menggambar bentuk tiga dimensi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan teknik tes. Data dianalisis menggunakan dekriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas IV SDN Tanjunganom IV Nganjuk yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes keterampilan menggambar bentuk tiga dimensi siswa meningkat dari siklus I sebesar 55,5 % kemudian pada siklus II menjadi 88,9 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik perspektif dapat meningkatkan keterampilan menggambar bentuk tiga dimensi siswa pada mata pelajaran SBK.


Kata Kunci:Teknik Perspektif, Seni Rupa,  Menggambar Bentuk Tiga Dimensi


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.