EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI DI KELAS V

YUNIS ADE TALASEDA

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-pretest design. Tujuan penelitian untuk memaparkan efektivitas penggunaan media flipbook dalam pembelajaran menulis argumentasi. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa pretest dan pretest, sedangkan teknik non tes berupa observasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis.


Hasil penelitian rata-rata pretest sebesar 61 dan pretest sebesar 83. Dari perhitungan uji-t dapat dilihat jika ρ > 0,05 maka Ho diterima. Pada tabel terlihat bahwa signifikansi (2-tailed) adalah 0,000. Dengan demikian, Ha diterima 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flipbook efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi.


 


Kata Kunci: media flipbook, pembelajaran bahasa Indonesia, menulis argumentasi


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.