PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGENAL PARA TOKOH PAHLAWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDN 4 NGADIMULYO KAMPAK TRENGGALEK

Lindra Muliawati

Abstract


Tujuan penelitian untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa selama penggunaan media puzzle. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Presentase keterlaksanaan aktivitas guru kedua siklus memperoleh 100% dengan nilai ketercapaian siklus I 77,94 dan siklus II 85,62. Aktivitas siswa kedua siklus memperoleh 100% dengan nilai ketercapaian siklus I 73,80 dan siklus II 88,01. Hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan klasikal pada siklus I 76,2% dan siklus II 85,71%, sedangakan nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 83,85 dan siklus II adalah 87,26. Dapat disimpulkan bahwa media puzzle sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS di SDN 4 Ngadimulyo Kampak Trenggalek.


Kata kunci : media puzzle, hasil belajar


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.