PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV DI SDN PERCOBAAN SURABAYA

EKA RETNO WARDANI

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi atas dasar hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan kurangnya inovasi dan variasi dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti ingin memperbaiki kualitas belajar dengan cara menerapkan model cooperative learning tipe Two Stay Two Stray. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini pada aktivitas guru siklus I 79,1%, dan siklus II 98,9%. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I 77,5%, dan pada siklus II 79,3%. Hasil belajar siswa pada siklus I 68,75%, siklus II 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Daerah Tempat Tinggalku.


Kata Kunci: Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.