PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA PADA KELAS V-A SDN MODOPURO 1 MOJOSARI MOJOKERTO

LELA NUZLUL HIDAYAH

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. dari 32 siswa, terdapat 22 siswa (69%) yang nilainya sama dengan atau di atas KKM, sedangkan 10 siswa (31%) nilainya masih di bawah KKM. Hal itu disebabkan karena banyak siswa yang tidak memperhatikan dan tidak mengerti saat guru menerangkan materi, beberapa terlihat tidak bersemangat dan ada juga yang ramai di dalam kelas. Sedangkan penyajian materi oleh guru terlihat tidak menarik karena tidak menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil  belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA kelas V SD.Untuk mencapai tujuan tersebut, dipilihlah gambar sebagai media pembelajaran yang diyakini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Telah diketahui bahwa daya serap dan daya ingat manusia akan meningkat secara signifikan apabila informasi diperoleh dari indera penglihatan dan indera pendengaran secara bersamaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Modopuro I Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 32 siswai.Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II, diketahui bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari 77,34% pada siklus I dan 92,19% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 75% pada siklus I dan 88,39% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 87,50% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA tentang peristiwa alam dan siklus air mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Modopuro I kabupaten Mojokerto.


Kata Kunci : pembelajaran IPA, gambar, hasil belajar


 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.