PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABATKU SISWA KELAS V SDN TANJUNGSARI 97 SURABAYA

REYNALDO AKBARJAYA J

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat yang efektif dalam proses pembelajaran, akan tetapi pada kenyataannya tenaga pendidik belumlah menerapkan hal tersebut, hal ini berimbas pada pemahaman materi siswa yang cenderung rendah jika hanya melakukan pembelajaran tanpa adanya media pembelajaran, salah satu solusinya dapat menerapkan media saat melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media video tentang peristiwa alam terhadap hasil belajar siswa.Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode penelitian eksperimen bertipe quasi non equivalent design. Desain ini hampir sama dengan pretest-posttest control group desain, tetapi pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok control tidak dipilih secara random. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN  Tanjungsari 97 Surabaya. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling non probability samplig atau sampling jenuh. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa, yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Data tersebut akan diolah dengan statistik parametric dan uji-t dua sampel independen dengan bantuan SPSS untuk mempermudah peneliti dalam mengolah dan menganalisis hasil data penelitian yang didapatkan.Hasil uji statistik dengan uji independen sampel t –tes pada penelitian ini menunjukan thitung = -4284 dengan db = 38 dan nilai signifikasi 2 tailed 0,000. Dengan pengambilan keputusan yaitu thitung < ttabel dan nilai signifikasi (2 tailed) < 0,05 dapat diartikan bahwa H0 ditolak Ha diterima ini Hal ini menunjukan bahwa, hipotesis yang diajukan oleh peneliti bahwa ada pengaruh dari media video terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA  tentang peristiwa alam dilingkungan sekitar


Kata Kunci: Media Video Peristiwa Alam,  Hasil Belajar Siswa


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.