PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD ISKANDAR SAID SURABAYA

HILDA AGUSTIN R

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Iskandar Said Surabaya. Hal ini disebabkan guru selalu mendominasi kegiatan pembelajaran (Teacher center) dan guru selalu menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Iskandar Said Surabaya pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Iskandar Said Surabaya tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 29 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.  Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Tekik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data hasil observasi dan analisis data hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,5%, siklus II  80% dan siklus III 87,5%.  Aktivitas guru dari siklus I, II dan III mengalami peningkatan.  Hasil aktivitas siswa dari siklus I, II dan III juga engalami peningkatan, perolehan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70%, siklus II 85% dan siklus III 90%.   Sementara perolehan hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan PTK menunjukan hasil belajar yang diperoleh siswa sebesar 48,28%   dan setelah pelaksanaan PTK diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 68,9%, siklus II 82,76% dan pada siklus III 86,20% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Iskandar Said Surabaya.


Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, IPS , Hasil Belajar


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.