PENGEMBANGAN MEDIA KARTU LOKER DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA KELAS IV

AYUNDA RIFTA AZIZAH, SUPRAYITNO

Abstract


Terbatasnya media yang dalam pembelajaran serta problematika yang dialami oleh guru untuk membuat sebuah media mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan media Kartu Loker pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya melalui respon siswa, guru, validasi media dan materi, serta hasil tes yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang telah diadopsi oleh Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan media Kartu Loker mendapat presentase 90% dari rata-rata validasi media, 89% dari rata-rata respon siswa dan guru pada uji coba produk dan pemakaian. Nilai tes diperoleh te>tt (7,114 > 2,063) pada taraf 5% yang berarti mengalami kenaikan yang signifikan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.