PERSPEKTIF PEMBINAAN TIM PUSLATDA WUSHU SANSHOU JAWA TIMUR DALAM PERSIAPAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) YANG KE-XIX TAHUN 2016 DI JAWA BARAT

EFI DIAN SOFIANA

Abstract


Abstrak


Wushu sanshou adalah olaraga bela diri dari Cina, dan latar belakang penelitian yaitu untuk mengetahui perkembangan prestasi atlet puslatda wushu sanshou. Pekan Olahraga Nasional (PON ) adalah pesta olahraga nasional di Indonesia yang diadakan empat tahun sekali yang diikuti seluruh propinsi di Indonesia. Berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan termasuk wushu sanshou. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perspektif Pembinaan Tim Puslatda Wushu Sanshou Jawa Timur dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional yang Ke-XIX tahun 2016 di Jawa Barat. Untuk Meningkatkan prestasi atlet ini tentunya dipengaruhi banyak faktor diantaranya: Faktor atlet, pelatih, organisasi, sarana dan prasarana, alam sekitar, partisipasi pemerintah.


Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi pengambilan data dilakukan di sekolah Nation Star Academy Surabaya yang juga merupakan tempat latihan pembinaan atlet puslatda wushu sanshou Jawa Timur. Subjek penelitian adalah ketua harian wushu , pelatih, dan atlet puslatda wushu sanshou Jawa Timur.


 Hasil pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis data melalui wawancara dengan subjek penelitian adalah ketua, pelatih, atlet puslatda wushu sanshou Jawa Timur. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sistem pembinaannya melalui KONI Jawa Timur yang baik, sarana prasarana yang lengkap, progam latihan yang sudah terprogram secara sistematis dan terencana dari 2013 sampai 2016. Disamping faktor pendukung ada juga faktor penghambat yaitu kurangnya kepengurusan yang baik, kurang kompak pada tim dimana antara pengurus atlet dan pelatih hubungannya menjadi tidak harmonis.


Kata Kunci : Pembinaan, Wushu sanshou, Pekan Olahraga Nasional


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.