IDENTIFIKASI TINGKAT KONDISI FISIK DAN ANTROPOMETRI (SOMATOTYPE) PADA UKIM GULAT UNESA

RAHMAD FAJERI

Abstract


                                                                                          ABSTRAK


Universitas Negeri Surabaya memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa khususnya adalah cabang olahraga gulat. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, teknik dan taktik pada cabang olahraga gulat semakin beragam dan berkembang. UKM Gulat Unesa memiliki atlet yang berprestasi dengan kriteria dari berat badan, prestasi yang tingkat Jawa Timur hingga Internasional. UKM gulat melakukan kegiatan latihan dengan program latihan yang terstruktur dengan baik dan dengan bimbingan Pembina yang merupakan pelatih fisik Jawa Timur. Kondisi fisik yang bagus akan membantu atlet untuk mencapai prestasi secara maksimal, dalam penguasaan teknik, taktik dan kematangan saat menjelang maupun saat bertanding. Komponen kondisi fisik yang dimiliki atlet gulat adalah kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, kelentukan punggung, kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan daya tahan. serta tipe tubuh juga penting bagi atlet gulat.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi fisik dan profil antropometri yang ada pada atlet UKM Gulat Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah atlet UKM gulat Universitas Negeri Surabaya yang sejumlah 10 orang putra.


                Hasil penelitian pada UKM Gulat Universitas Negeri Surabaya : (1) Kekuatan otot lengan rata-rata sejumlah 38,5 kali/30 detik dan berkategori kurang. (2) Kekuatan otot perut rata-rata sejumlah 28,7 kali/30 detik dan berkategori kurang. (3) Kelentukan rata-rata sejumlah 57,2 cm dan berkategori baik. (4) Kecepatan  rata-rata sejumlah 4,93 detik dan berkategori kurang sekali. (5) Kelincahan rata-rata sejumlah 11,08 detik dan berkategori baik. (6) Keseimbangan rata-rata sejumlah 34 detik dan berkategori sedang. (7) Daya tahan rata-rata sejumlah 40,07ml/kg/mnt dan berkategori kurang. (8) Tipe tubuh berdasarkan pengukuran profil antropometri somatotype adalah mesomorf ektomorf .


Kata Kunci : Identifikasi, Kondisi Fisik, Antropometri (Somatotype).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.