KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN, PANJANG LENGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETEPATAN SERVICE ATAS BOLAVOLI (Studi pada Klub Bolavoli Bayonet kab. Sampang)

ABD MUIN

Abstract


Bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga prestasi yang menuntut pemain harus berkompeten dari segi fisik, teknik, taktik dan mental. Untuk  bisa bermain dengan baik, pemain harus memiliki teknik dasar yang bagus. Salah satu teknik dasar yang harus dimiliki pemain bolavoli adalah servis. Servis merupakan serangan awal untuk mendapatkan nilai agar suatu regu mendapatkan suatu kemenangan. Dalam Permainan Bolavoli memperebut poin maka dari itu di butuhkan Service yang baik ke area lawan sehingga Service yang baik sangat di butuhkan pada saat pertandingan. Kemampuan Service atas yang baik berpeluang menjadi poin wajib dimiliki oleh setiap pemain. Kondisi fisik yang baik dan prima serta siap untuk menghadapi lawan bertanding merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam semua cabang olahraga. Dalam penelitian ini kekuatan otot Lengan, Panjang lengan dan Koordinasi mata tangan mempunyai kontribusi terhadap akurasi Service Atas.


Rumusan masalah yang diajukan adalah: Seberapa besar kontribusi kekuatan otot lengan, panjang lengan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan Service atas pada klub Bolavoli Bayonet kab. Sampang? dan Mana yang paling berpengaruh pada ketepatan Service? Sasaran penelitian ini adalah klub Bolavoli Bayonet kab. Sampang yang berjumlah 12 pemain. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif desikriptif dan korelasional, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes kekuatan otot lengan ( push up ), panjang lengan ( meteran ), koordinasi mata tangan ( lempar tangkap bola) dan ketepatan servis atas ( service test ).


Dari perhitungan diketahui (1) Besarnya kontribusi kekuatan lengan terhadap ketepatan Service pada klub Bolavoli Bayonet kab. Sampang sebesar 5,3% (2) Besarnya kontribusi panjang lengan terhadap ketepatan Service pada klub Bolavoli Bayonet kab. Sampang sebesar 1,9% (3) Besarnya kontribusi koordinasi mata tangan terhadap ketepatan Service pada klub Bolavoli Bayonet kab. Sampang sebesar 40,7% (4) Yang berpengaruh pada ketepatan Service  atas adalah koordinasi mata tangan. Dan dari ketiga variabel secara serentak bersamaan terhadap ketepatan servis atas sebesar 47,9 %. Sehingga masih ada faktor dari variabel lain yang belom di teliti dalam penelitian ini, misalnya daya tahan, kelenturan, pengalaman, fleksibilitas, mental dan lain-lain yang mana dalam penelitian ini tidak di teliti.


Kata Kunci: Kontribusi, otot lengan, panjang lengan, koordinasi mata tangan, ketepatan Service.


 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.