PENGARUH MODEL LATIHAN KETERAMPILAN TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN AEROBIK PEMAIN SEPAKBOLA USIA 15-18 TAHUN (Studi Pada Pemain SSB Bima Amora Menganti Gresik)

DWI PRIYANTO

Abstract


Dalam cabang olahraga permainan sepakbola, daya tahan merupakan salah satu kondisi fisik yang digunakan untuk menunjang keterampilan bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model latihan fisik menggunakan bola terhadap daya tahan aerobik pemain sepakbola usia 15-18 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pre test,dan post test.  Sampel penelitian sebanyak 20 pemain yang aktif berlatih dan tidak cidera dari populasi 40 pemain SSB Bima Amora Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.


Hasil penelitian diperoleh rata-rata daya tahan pada pre test sebesar 41,8 ml/kg/menit dan pada post test 44,4 ml/kg/menit. Berdasarkan uji normalitas data pre test diperoleh 15x2"> tabel  lebih besar dari 15x2"> hitung (9,488 > 2,8319) dan post test (9,488 > 3,2628), sehingga data berdistribusi normal. Perhitungan uji perbedaan rata-rata daya tahan sebelum dan sesudah diberi latihan keterampilan diperoleh thitung sebesar 10,4 dan nilai ttabel  dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df = 19 adalah 2,093. Karena thitung lebih besar dari ttabel (10,4 > 2,093), maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan rata-rata daya tahan sebelum dan sesudah diberi perlakuan atau latihan keterampilan.


 


Kata kunci : Latihan, Ballnastic, daya tahan, Sepak bola


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.