KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN PANJANG LENGAN TERHADAP KETEPATAN HASIL SERVIS ATAS BOLAVOLI (Pada Atlet Klub Putri Petro Kimia Gresik)

KHUSNUL MUIT

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kontribusi antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan terhadap ketepatan servis atas bolavoli. Sesaran penelitian ini adalah atlet klub putri bolavoli petrokimia gresik yang berjumlah 14 atlet. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil tes servis atas bolavoli.


Jenis atau metode dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif karena bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai deskripsi yang bersifat linier, yaitu anatara kontribusi  kekuatan otot lengan dan panjang lengan terhadap ketepatan hasil servis atas bolavoli.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa X kontribusi kekuatan otot lengan menunjukkan sebesar 33,79 sedangkan untuk X (rata-rata) kontribusi panjang lengan sebesar 71,5, maka dapat diartikan bahwa kontribusi kekuatan otot lengan dan panjang lengan mempunyai tingkat pengaruh yang cukup tinggi terhadap ketepatan hasil servis atas bolavoli telah teruji dengan  X jawab rata-rata     dan .


 


Kata kunci: Kekuatan Otot Lengan, Panjang Lengan, Servis Atas Bolavoli.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.