Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan, Kekuatan Otot Perut, Dan Kekuatan Otot Tungkai TerhadapKecepatanBerenang 50 Meter Gaya Bebas

MOCH. CHIDLIR ROCHMATULLOH

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, dan kekuatan otot tungkai terhadap kecepatan renang 50 meter gaya bebas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional menggunakan analisis koefisien untuk menentukan ada tidaknya hubungan positif pada variabel kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, kekuatan otot tungkai dan kecepatan renang 50 meter gaya bebas secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan sampel atlet renang putri Indonesia Muda Gresik sebanyak 10 atlet sebagai sasaran penelitian, penelitian ini dilakukan di kolam renang mutiara yang berada di kabupaten gresik kota jalan RA. Kartini.


Hasil penelitian ini adalah variabel pertama terdapat hubungan sebesar -0,647 dengan taraf hubungan substansial antara variabel kekuatan otot lengan dengan kecepatan renang 50 meter gaya bebas. Variabel yang ke dua terdapat hubungan sebesar -0,539 dengan taraf hubungan substansial antara variabel kekuatan otot perut dengan kecepatan renang 50 meter gaya bebas. Variabel yang ke tiga terdapat hubungan sebesar -0,539 dengan taraf hubungan substansial antara variabel kekuatan otot tungkai dengan kecepatan renang 50 meter gaya bebas. Setelah itu dengan ketiga variabel bebas secara bersamaan berdapat hubungan positif sebesar 0,647 dengan taraf hubungan substansial antara variabel kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan kecepatan renang 50 meter gaya bebas secara bersamaan.


Penelitian ini dapat berimplikasi yaitu: Sebagai bahan pertimbangan dalam latihan kekuatan otot tungkai dengan menggunakan alat Leg Dynamometer, latihan kekuatan otot perut menggunakan Sit Up Test, latihan kekuatan otot lengan menggunakan pull up test dan latihan kecepatan renang 50M gaya bebas menggunakan tes renang 50M gaya bebas, supaya dapat meningkatkan kemampuan atlet renang putri Indonesia Muda Gresik hingga hasil yang maksimal.


Kata kunci: Renang, Gaya Bebas, Kekuatan Dan Otot


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.