MANAJEMEN PEMBINAAN OLAHRAGA PRESTASI KONI KABUPATEN TUBAN

AHMAD FARIS DWINANDA SAPUTRA

Abstract


KONI adalah sebagai satu-satunya wadah yang mengkoordinasikan dan membina olahraga prestasi di Indonesia yang dituntut untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik serta memiliki pengelolaan manajemen yang efektif. Sehingga menjadi organisasi yang mandiri dalam mencapai tujuan yang diharapkan. keberhasilan suatu organisasi termasuk KONI tidak akan pernah tercapai tanpa adanya suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan kerja serta dengan adanya suatu pengawasan atas pelaksanaan kerja. Syarat-syarat tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan manajemen.


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tentang kepengurusan KONI Kabupaten Tuban dan pembinaan dalam persiapan Pekan Olahraga Provinsi. Teknik yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penulis memperoleh data-datanya dengan melakukan wawancara secara langsung dengan narasumber yaitu pengurus KONI Kabupaten Tuban.


Hasil dari wawancara yang diperoleh adalah KONI Kabupaten Tuban membentuk kepengurusan periode 2016-2020 dengan memilih anggota pengurus dari berbagai profesi seperti pejabat, birokrasi, praktisi olahraga, dan pengusaha. Program kerja KONI Kabupaten Tuban terencana dengan baik sesuai bidang-bidang struktur organisasi KONI Kabupaten Tuban hingga tahun 2020. Selain itu KONI Kabupaten Tuban sering melakukan agenda rapat dengan Induk Organisasi cabang olahraga dan rapat internal.Ada 28 Induk Organisasi Cabang Olahraga dan Fungsionaris yang dinaungi oleh KONI Kabupaten Tuban.  Dalam persiapan kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur ke VI KONI Kabupaten Tuban membentuk TIM SATLAK (Satuan Pelaksana Tambah Emas) yang mempunyai program kerja hingga mendekati waktu pelaksanaan PORPROV JATIM VI. Tim SATLAK bertugas untuk mengawasi dan mengevaluasi cabang olahraga yang dipersiapkan untuk PORPROV JATIM VI. Adapun faktor penghambat dalam mencapai prestasi yaitu aktivitas sekolah yang menghambat atlet tidak dapat latihan dengan efektif dikarenakan kurangnya waktu latihan sedangkan untuk faktor pendukungnya yaitu pemerintah daerah mendukung perkembangkan olahraga di Kabupaten Tuban sehingga KONI Kabupaten Tuban dapat menjalankan program kerja dengan maksimal.


Kesimpulan penelitian ini adalah KONI Kabupaten Tuban sudah menjalankan manajemen organisasi dengan baik dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang peduli dengan perkembangan olahraga di Kabupaten Tuban dan pembinaan persiapan dalam kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur ke VI sudah terprogram dengan baik melalui Tim Satuan Pelaksana Tambah Emas tetapi terkendala waktu atlet pada saat latihan karena kesibukan aktivitas sekolahnya.


Kata Kunci : Manajemen, Prestasi


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.