SURVEI KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA (STUDI PADA SSB RHEZA MAHASISWA KU-14 TAHUN)

FAFA TARISTA

Abstract


 Sekolah Sepakbola (SSB), akademi dan pusat pelatihan lainnya berperan sangat penting dalam pembinaan sepakbola tingkat dasar (U9-U12 Tahun) di Indonesia. Pembinaan sepakbola usia muda di Indonesia terus menerus ditekuni untuk mempersiapkan sebuah desain Timnas masa depan Indonesia.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keterampilan teknik dasar sepakbola seperti mengoper bawah, mengoper atas, menembak, melempar ke dalam, menanduk, menggiring dan menimang pada pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Rheza Mahasiswa KU-14 tahun. Sehingga dapat bermanfaat untuk memberikan gambaran yang sebenarnya mengenai keterampilan teknik dasar sepakbola pemain Sekolah Sepakbola (SSB) Rheza Mahasiswa KU-14 tahun. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola SSB Rheza Mahasiswa KU-14 tahun yang berjumlah 15 orang.


Simpulan penelitian yang didasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan adalah rata-rata keterampilan teknik dasar sepakbola pemain SSB Rheza Mahasiswa KU-14 tahun sebesar 562,6 dan masuk dalam kategori baik. Dengan 2 pemain memiliki kategori sangat baik, 12 pemain memiliki kategori baik, dan 1 pemain memiliki ketegori sedang. Rata-rata para pemain SSB Rheza Mahasiswa KU-14 lebih baik hasilnya menggunakan kaki kanan dari pada kaki kiri, khususnya pada teknik dasar menembak dan mengoper bola.


 


Kata Kunci : sepakbola, teknik dasar


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.