SURVEY KONDISI FISIK ATLET PUTRA PUSLATDA PANJAT TEBING JAWA TIMUR KATEGORI SPEED TRACK

FIFI LIA ANGGRAINI

Abstract


Prestasi atlet putra puslatda Jawa Timur kategori speed track tidak di ragukan lagi dengan di buktikan prestasi yang didapatkannya pada stiap even-even nasional maupun internasional. Salah satu cara yanag perlu ditempuh dalam usaha meningkatkan prestasi puslatda Jawa Timur  dengan cara terprogram, sistematis, dan kontinyu. Adapun tujuan peneliti ingin mengetahui: survey kondisi fisik atlet putra puslatda panjat tebing Jawa Timur.


Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan menggambarkan komponen-komponen fisik atlet panjat tebing Jawa Timur yang berjumlah 8 orang. (penelitian ini menggunakan system perhitungan manual dan Microsoft exel.


Hasil menjukkan bahwa rata-rata atlet putra puslatda panjat tebing Jawa Timur mempunyai (1)kekuatan otot peras tangan  kanan 43.23 kg kategori sedang, (2)kekuatan otot peras tangan kiri 45kg kategori baik, (3)kekuatan otot lengan 50 kali kategori sedang, (4)kecepatan 4.45 detik kategori sedang, (5)kelincahan 10.88 detik kategori baik sekali, (6)power otot tungkai jump MD71.5cm dengan kategori baik sekali.


Simpulan dari penelitian ini adalah : kelincahan, power otot tungkai masuk dalam kategori baik sekali,otot peras tangan kiri masuk dalam kategori baik,kekuatan otot peras tangan kanan,kekuatan otot lengan,kecepatan masuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu harus di lakukan pembenahan kondisi fisik untuk komponen otot peras tangan kanan, kekuatan otot lengan, kecepatan melalui latihan yang terprogram, sistematis dan kontinyu.


 


Kata Kunci : survey kondisi fisik atlet putra puslatda panjat tebing Jawa Timur


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.