PENGETAHUAN INSTRUKTUR KEBUGARAN DI WILAYAH MOJOKERTO TENTANG ALAT OLAHRAGA GYM BALL

JEFRY ANGGRIAWAN

Abstract


Gym Ball adalah sebuah alat bantu olahraga yang banyak kita temui di pusat kebugaran. Alat ini berbentuk seperti bola dengan ukuran berbeda-beda dengan berat kurang lebih satu kilogram yang terbuat dari karet lateks, namun mampu menahan beban hingga 120 kilogram. Gym ball merupakan alat olahraga yang khusus untuk membentuk otot tubuh bagian lengan, bahu, punggung, dada, perut, dan kaki.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa rata-rata nilai dan kategori pengetahuan instruktur kebugaran diwilayah Mojokerto tentang alat olahraga gym ball, diantara lain yaitu pengetahuan tentang gym ball, jenis latihan gym ball, teknik-teknik latihan gym ball dan tentang pengetahuan umum tentang gym ball. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk menyusun buku-buku tentang gym ball, mengadakan pelatihan tentang gym ball dan sebagai bahan evaluasi untuk instruktur kebugaran di wilayah Mojokerto khusunya, tentang pengetahuan olahraga gym ball.


Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan cara meneliti pengetahuan tentang gym ball, jenis latihan gym ball, teknik-teknik latihan gym ball dan pengetahuan umum tentang gym ball. Penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda dan angket tertutup dengan menggunakan skala guttman dengan sempel yang digunakan berjumlah 20 orang instruktur kebugaran yang berada di tempat-tempat fitness yang ada di wilayah Mojokerto.


Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data sebagai berikut ini : 1) Rata-rata nilai dan kategori pengetahuan instruktur kebugaran tentang alat olahraga gym ball adalah 68,66 termasuk dalam kategori “Baik”. 2) Rata-rata nilai dan kategori pengetahuan instruktur kebugaran tentang jenis latihan gym ball adalah 76,00 termasuk dalam kategori “Baik”. 3) Rata-rata nilai dan kategori pengetahuan instruktur kebugaran tentang teknik-teknik latihan gym ball adalah 69,58 termasuk dalam kategori “Baik”. 4) Rata-rata nilai dan kategori secara komprehensif pengetahuan instruktur kebugaran tentang alat, jenis latihan, dan teknik-teknik latihan gym ball adalah 71,41 termasuk dalam kategori “Baik”.


Jadi, dalam penelitian ini adalah Pengetahuan tentang alat olahraga gym ball, jenis latihan, dan teknik-teknik latihan gym ball mempunyai hasil yang sama dan termasuk dalam kategori “Baik”. Berdasarkan hasil secara komprehensif dari 3 variabel, maka dapat diketahui rata-rata nilai dan kategori pengetahuan instruktur kebugaran di wilayah Mojokerto tentang pengetahuan gym ball adalah 71,41 termasuk dalam kategori “Baik”.


Kata Kunci : Gym ball, jenis latihan gym ball, teknik - teknik latihan gym ball, instruktur kebugaran.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.