KONTRIBUSI TINGGI LONCATAN, PANJANG LENGAN, DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETERAMPILAN SPIKE PADA PERMAINAN BOLAVOLI (Studi pada klub bolavoli Nanggala Surabaya)

PONSEN DADANG N

Abstract


Ketika setiap perhitungan rally point, membuat para pemain dan pelatih sadar bahwa setiap teknik yang ada dalam permainan bolavoli harus mematikan lawan, karena kesempatan untuk mendapatkan angka bagi team tersebut. Dengan demikian keterampilan spike merupakan salah satu bagian dari sistem penyerangan dalam bolavoli.


Salah satu teknik lanjutan yang harus dimiliki oleh seorang atlet bolavoli adalah spike. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi: apakah ada kontribusi tinggi lompatan, panjang lengan, dan kekuatan otot lengan terhadap keterampilan spike pada permainan bolavoli, baik secara individual maupun secara seretak (bersama-sama), sasaran penelitian ini adalah atlet bolavoli putra klub nanggala surabaya yang berjumlah 14 orang.


Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes tinggi loncatan, panjang lengan, kekuatan otot lengan, dan keterampilan spike pada permainan bolavoli.


Dari penelitian ini: (1) tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel tinggi loncatan terhadap hasil keterampilan spike pada permainan bolavoli. (2) tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel panjang lengan terhadap hasil keterampilan spike pada permainan bolavoli. (3) tidak terdapatan kontribusi yang signifikan antara variabel tinggi loncatan terhadap hasil keterampilan spike pada permainan bolavoli.


 


Kata Kunci: Tinggi loncatan, Panjang lengan, Kekuatan otot lengan, Keterampilan, Spike, Permainan bolavoli.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.