PERBANDINGAN PENGETAHUAN HIDRASI ATLET SEPAKBOLA SSB BOJONEGORO PUTRA DENGAN SSB SEMEN INDONESIA TUBAN KU-15 TAHUN

MOCHAMMAD ARIS FIRISMANDA

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan nilai rata-rata pengetahuan hidrasi atlet sepakbola SSB Bojonegoro Putra dan SSB Semen Indonesia Tuban KU-15 Tahun. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan dalam menentukan program latihan serta tambahan wawasan dan pengetahuan bagi atlet, pelatih dan management.


Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan menggunakan skala guttman dengan sampel yang digunakan berjumlah masing-masing 15 orang dari SSB Bojonegoro Putra dan SSB Semen Indonesia Tuban KU-15 Tahun.


Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data sebagai berikut ini: 1). Rata-rata nilai pengetahuan atlet Sepak bola KU-15 di SSB Bojonegoro Putra tentang hidrasi adalah 104 termasuk dalam kategori “Baik”. 2.) Rata-rata nilai pengetahuan atlet Sepakbola KU-15 di SSB Semen Indonesia Tuban tentang hidrasi adalah 90,86  termasuk dalam kategori “Baik”. 3.) Rata-rata nilai perbandingan pengetahuan hidrasi yang lebih baik antara atlet sepakbola SSB Bojonegoro Putra dengan SSB Semen Indonesia Tuban KU-15 Tahun adalah SSB Bojonegoro Putra KU-15 Tahun dengan nilai rata-rata 104 termasuk dalam kategori “Baik”.


Jadi, Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah pengetahuan tentang hidrasi atlet sepakbola di SSB Bojonegoro Putra dan SSB Semen Indonesia Tuban KU-15 Tahun termasuk dalam kategori “Baik”, namun tinggal bagaimana atlet mempraktekkan pengetahuan hidrasi tersebut dalam latihan serta pertandingan agar tidak kekurangan cairan.


Kata kunci : Olahraga. Pengetahuan,Hidrasi,Sepakbola


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.