PROFIL ATLET ATLETIK BERPRESTASI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Spesialisasi Lempar Cakram dan Lari 400 Meter Putra)

DRAJAT EKSAYAN GUMELAR

Abstract


Olahraga adalah suatu bentuk pendidikan individu dan masyarakat yang mengutamakan gerakan-gerakan jasmani yang dilakukan secara sadar dan sistematis menuju suatu kualitas yang lebih tinggi. Olahraga prestasi sangat penting untuk dikembangkan dan pada dasarnya tujuan olahraga prestasi adalah pencapaian prestasi yang setingi-tingginya. Olahraga prestasi yang dikembangkan di Indonesia, Khususnya olahraga atletik yang merupakan induk dari semua cabang olahraga atau sering juga disebut mother of sport. Didalam cabang atletik itu sendiri pasti memiliki beberapa tokoh atlet yang berpretasi seperti contoh Hermanto atlet spesialisasi lempar cakram dan Heru Astriyanto atlet Spesialisasi lari 400 meter. Keduanya sudah memiliki prestasi  hingga level internasional. Dibalik prestasi tersebut, mereka pasti mempuanyai trik atau kiat-kiat untuk mencapai dan mempertahankan prestasinya.


Tujuan dari penelitian ini adalah adalah Untuk mengetahui profil atlet atletik berprestasi atas nama Hermanto spesialisasi lempar cakram dan Heru Astriyanto spesialisasi lari 400 meter dan untuk mengetahui perjalanan karir Hermanto atlet atletik spesialis lempar cakram dan Heru Astriyanto atlet atletik spesialis 400 meter. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Dalam penelitian kualitatif maka dalam penelitian ini instrumen penelitiannya ialah peneliti sendiri (human instrument) salah satu teknik yang digunakan adalah wawancara.


Apabila menjadi atlet atletik yang berprestasi dan tetap ingin mempertahankan prestasinya, selain tetap berlatih secara terprogram dan continue juga harus memiliki motivasi yang tinggi serta mampu memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kondisi walaupun saat diluar pengawasan dari pelatih. Dalam perjalanan karir seorang atlet harus bisa memiliki profesionalisme dan juga dedikasi yang penuh terhadap spesialisasi yang di tekuni agar prestasi bisa di tingkatkan, dioptimalkan dan dipertahankan. Selain dari faktor ekonomi dan keluarga, faktor motivasi lain adalah bekerja secara maksimal, tidak mudah menyerah dan menyukai setiap  spesialisasi dalam berlatih maupun berlomba sehingga mental juara dapat terbentuk dengan baik. Setiap atlet elite selalu memiliki sifat disiplin waktu, disiplin diri sendiri, dan mampu untuk mengatur kehidupan sehari-hari agar tidak mengganggu performa dan prestasi


Kata kunci : Atletik, Prestasi, Profil


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.