ANALISIS AKTIFITAS LARI ATLET HOKI RUANGAN JATIM PUTRI PADA PERTANDINGAN PON XIX JAWA BARAT

DINDA AYU OKTAVIANI

Abstract


Olahraga merupakan kegiatan yang dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Olahraga yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat adalah olahraga Hoki ruangan. Olahraga ini merupakan olahraga yang mainkan oleh semua kalangan manusia, mulai dari anak muda, orang tua, laki-laki maupun perempuan. Olahraga yang satu ini banyak digemari karena merupakan jenis olahraga yang menyenangkan. Disamping itu, olahragahoki juga dilakukan didalam ruangan, sehingga dapat terhindar dari cuaca yang ekstrem. Olahraga Hoki ruangan di Indonesia sendiri sudah masuk ke dalam salah satu cabor yang di pertandingkan di PON. Peserta berasal dari seluruh Indonesia. Dalam PON yang diselenggarakan tahun 2016 lalu cabang olahraga hoki ruangan ada dua kategori yang di pertandingkan yaitu kategori putra dan kategori putri. Bukan hanya hoki ruangan, ada juga hoki field yang di pertandingkan dalam PON. Kedua cabor ini tidak jauh berbeda cara bermainnya. Namun hoki ruangan memiliki intesitas yang lebih tinggi dikarenakan kondisi lapangan yang lebih kecil. Dalam melakukan olahraga hoki ruangan, pemain lebih sering melakukan aktivitas lari, joging, dan jalan dengan aktivitas yang tinggi.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi seberapa jauh aktivitas lari, joging dan jalan dalam setiap pertandingan. Menghitung rata-rata keseluruhan aktivitas yang dilakukan atlet Jawa Timur putri yang bermain penuh melawan DIY (Daerah Istimewa Yogyakartaputri dalam satu pertandingan. Serta bertujuan untuk mengetahui jarak dari setiap aktivitas sehingga dapat membatu pelatih dalam membuat program latihan selanjutnya.


Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan cara menggamati vidio pertandingan Jawa Timur putri melawan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) putri di Gedung Gymnasium UPI Bandung . Hasil penelitian menunjukkan bahwa total jarak aktivitas lari 7218,72 m dalam satu pertandingan. Hal tersebut menghasilkan total rata-rata atlet melakukan aktivitas lari 2406,24 m dalam satu pertandingan.


 


Kata Kunci : Pengetahuan, Hoki Ruangan,Aktivitas Lari,


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.