Evaluasi teknik permainan  bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 22 Surabaya

ARIF RAHMAN

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya prestasi yang diperoleh dari SMP negeri 22 Surabaya yang dapat dilihat dari hasil POPDA tingkat kabupaten yang setiap tahun diadakan pada cabang olahraga beregu BolaVoli. Dalam usaha untuk mencapai suatu keberhasilan di dalam mencapai prestasi yang optimal ada beberapa faktor yang menentukan antara lain:1) Kondisi fisik atau tingkat kesegaran jasmani, 2) Kemampuan teknik dan keterampilan yang di milikinya, 3) Masalah-masalah lingkungan, 4) Pengembangan mental, 5) Kematangan juara. Kemampuan teknik dan ketrampilan yang dimiliki merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam permainan bola voli. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah Evaluasi teknik permainan  bolavoli pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP negeri 22 Surabaya tahun ajaran 2015/2016?


Populasi penelitian yang diamati adalah siswa-siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP negeri 22 Surabaya tahun ajaran 2015/2016. Aspek penelitian ini berdasarkan perumusan masalah adalah bagaimana tingkat keterampilan teknik dasar bola voli pada siswa putra ekstrakurikuler bola voli. Dalam pengambilan data menggunakan teknik survei tes.Prosedur yang dilakukan adalah mempersiapkan instrumen penelitian serta pengambilan data dengan menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : teknik dasar passing atas di SMP negeri 22 Surabaya untuk kategori Istimewa sebanyak 6%, Baik Sekali 14%, baik 21%, sedang 33%, kurang 26%, dan kurang sekali 0%. Passing Bawah kategori Istimewa sebanyak 1%, Baik Sekali 10%, baik 28%, sedang 36%, kurang 25%, dan kurang sekali 0%. Servis kategori Istimewa sebanyak 0%, Baik Sekali 0%, baik 1%, sedang 26%, kurang 73%, dan kurang sekali 0%. Dan untuk Smash kategori Istimewa sebanyak 0%, Baik Sekali 0%, baik 2%, sedang 40%, kurang 58%, dan kategori kurang sekali 0%. Rata-rata keterampilan dasar bermain bola voli siswa putra peserta ekstrakurikuler SMP negeri 22 Surabaya untuk kategori Istimewa sebanyak 0%, kategori Baik Sekali sebanyak 0%, kategori baik 12%, kategori sedang sebanyak 61%, kategori kurang sebanyak 22%, dan untuk kategori kurang sekali sebanyak 0%.


 


Simpulan dari hasil penelitian adalah kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan masih belum maksimal, hal ini di sebabkan karena dari hasil analisis data mengenai teknik dasar bermain bolavoli SMP negeri 22 Surabaya masuk dalam kategori sedang. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa peserta ekstrakurikuler bola voli harus lebih meningkatkan program latihan agar dapat menguasai dan mengembangkan teknik dasar bermain bola voli, menambah frekuensi latihan, bagi pelatih harus lebih meningkatkan kepelatihannya agar dapat membantu para siswa mengembangkan kemampuan dasar bermain bola voli dalam program latihannya.


Kata Kunci : Bola voli,Evaluasi teknik


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.