EFEK PENGGUNAAN KINESIO TAPING TERHADAP LUAS GERAK SENDI PERGELANGAN KAKI PADA ORANG SEHAT

ZELINA OKKI SUWARNO

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi ada atau tidaknya pengaruh yang didapat dari kinesio taping ketika diaplikasikan pada subjek yang sehat tanpa cedera.


                Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode True Experimental design, dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest design. Pada dua kelompok yang telah dbagi berdasarkan Random Sampling diawali dengan pre-test (pengukuran sebelum diberi kinesio taping) dengan menggunakan alat ukur goniometer, kemudian subjek tidak melakukan kegiatan diluar intruksi peneliti selama 30 menit dan setelah pemberian perlakuan selesai dilakukan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah mencari rata-rata luas gerak sendi, standar deviasi, uji normalitas shapiro wilk dan terakhir uji-t (perbedaan antara pre-test dan post-test).


Dari hasil penelitian dapat disimpilkan: (1) terdapat perubahan yang signifikan pada rata-rata rentang gerak sendi pergelangan kaki untuk kelompok perlakuan (diaplikasikan kinesio taping). (2) Data yang didapat bernilai sig.<0,05, maka disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. (3) Kemudia uji-t menunjukkan hasil nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dengan kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya Ada peningkatan Luas gerak sendi pergelangan kaki setelah pengaplikasian Kinesio taping. Dengan hasil tersebut, Kinesio taping dapat dijadikan alternatif tambahan untuk memfasilitasi otot sehingga dapat meminimalisir terjadinya cedera pada pergelangan kaki maupun mencapai performa terbaik saat berolahraga atau pada saat  beraktifitas sehari-hari.


Kata Kunci: Efek, Kinesio taping, Luas Gerak Sendi, Pergelangan Kaki, Orang Sehat.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.