PERBANDINGAN MANAJEMEN PENGELOLAAN KOLAM RENANG GOR DELTA SIDOARJO DAN KOLAM RENANG CITRA HARMONI WATERPARK SIDOARJO TAHUN 2015

RACHMAD ABDILLAH

Abstract


Kolam renang GOR Delta Sidoarjo dan Kolam renang Citra Harmoni Waterpark merupakan kolam renang yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Kolam renang Gor Delta Sidoarjo Sidoarjo yang dibangun pada tahun 1984, sehingga sampai saat ini kolam renang GOR Sendang Delta Sidoarjo sudah berdiri selama 24 tahun. Sedangkan kolam renang Citra Harmoni dibangun pada tahun 2011, sehingga sampai saat ini kolam renang ini sudah berdiri selama 4 tahun. Penelitan ini membandingkan pengelolaan manajemen antara kolam renang GOR Sidoarjo dan Kolam renang Citra Harmoni Waterpark Sidoarjo.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh yaitu ada perbandingan dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan. Pada pengelolaan manajemen perencanaan, tujuan didirikan kolam renang GOR Delta Sidoarjo yaitu untuk memberikan tempat olahraga masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan kolam renang Citra Harmoni Waterpark tujuannya yaitu dijadikan sebagai tempat sarana olahraga, rekreasi, edukasi, ataupun bermain bagi anak-anak ataupun orang dewasa yang tinggal di perumahan serta mengangkat nilai jual perumahan Citra Harmoni.


Pada pengelolaan manajemen pengorganisasian, jumlah pegawai kolam renang GOR Sidoarjo sebanyak 27 orang dan dipimpin oleh koordinator kolam renang. Sedangkan jumlah pegawai kolam renang Citra Harmoni sebanyak 15 orang dan dipimpin oleh manajer kolam renang. Pada pengelolaan manajemen penyusunan, prosedur penyusunan personalia di kolam renang GOR Delta Sidoarjo dipertanggungjawabkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo, sedangkan prosedur penyusunan personalia kolam renang Citra Harmoni Waterpark Sidoarjo dipertanggungjawabkan oleh manajer kolam renang Citra Harmoni Waterpark Sidoarjo.


Pada pengelolaan manajemen pengarahan, pengarahan dilakukan oleh koordinator kolam renang sebagai penanggungjawab kolam renang GOR Delta Sidoarjo dan melakukan briefing sebulan sekali. Sedangkan pengarahan di kolam renang Citra Harmoni Waterpark dilakukan oleh manajer operasional kolam renang sebagai penanggungjawab dan melakukan pertemuan rutin seminggu sekali.


Pada pengelolaan manajemen pengawasan, kolam renang GOR Delta Sidoarjo dalam 1 bulan diharapkan bisa mendapat pemasukan minimal sebesar Rp. 85.000.000 dan kepuasan pengunjung. Sedangkan, kolam renang Citra Harmoni Waterpark Sidoarjo, dalam 1 bulan diharapkan bisa mendapat pemasukan minimal sebesar Rp. 125.000.000 dan kepuasan pengunjung.


Dari hasil penelitian tersebut bahwa walaupun kedua kolam renang tersebut memiliki perbedaan dalam pengelolaan manajemen, kedua kolam renang tersebut sampai saat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat.


 


Kata kunci:   perbandingan, pengelolaan manajemen, kolam renang GOR Delta Sidoarjo, kolam renang Citra Harmoni Waterpark Sidoarjo


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.