ANALISIS KEUNGGULAN TIM PUTRA BOLA BASKET SIDOARJO PADA PORPROV JAWA TIMUR 2015

DHIMAS FITRIASMARA

Abstract


Analisis kuantitatif olahraga adalah cabang sains yang berkembang dan dalam banyak hal, yang dikembangkan melalui kerja non-akademik dan non-tradional per-review. Statistik pertandingan berperan penting sebagai acuan evaluasi dan dapat di pakai para pelatih sebagai alat untuk menyusun taktik permainan. Cabang olahraga bolabasket telah menjadi salah satu cabang olahraga yang di pertandingkan pada kompetisi Pekan Olahraga Provinsi dan menjadi kompetisi bergengsi yang di selenggarakan oleh KONI. Sebuah keberhasilan khususnya dalam olahraga tim adalah suatu hal yang merupakan keinginan oleh setiap tim yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut agar berhasil menjadi juara.. Tim yang pernah menjadi juara khususnya pada kompetisi daerah di level Provinsi akan membawa dampak positif pada setiap pemainnya. Diantaranya pemain tersebut akan mendapat kesempetan bermain di liga nasional dan liga professional. Oleh karena itu setiap tim bolabasket diharapkan untuk dapat meraih kemenangan di setiap pertandingan agar dapat menjadi juara. Untuk dapat menjadi juara yaitu diperlukan kemenangan yang secara konsisten. Untuk meraih kemenangan secara konsisten maka diperlukan penguasaan tekhnik bolabasket yang berperan penting terhadap kemenangan yaitu rebound, turnover lawan, field goal dan free throw. Dalam 4 aspek tersebut akan diketahui seberapa besar penguasaan tekhnik pada sebuah tim.


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dimanakah letak keunggulan tim dalam statistik pertandingan dan untuk mengetahui aspek apa saja yang menjadi peran penting dalam statistik pertandingan. Proses pengambilan data ini dilakukan dengan cara mengambil data sekunder, berupa dokumentasi dan berupa data statistik pertandingan bolabasket.


Kesimpulan: 1.) Pada hasil data yang telah diuraikan dalam jumlah 6 kali pertandingan Porprov Jawa Timur 2015, yang menjadi keunggulan bagi tim Kabupaten Sidoarjo dan perlu diperhatikan sebagai catatan yaitu: Field goal, Freethrow, Rebound, Assist, Turnover, Steal, Blocks, Fouls, Efficienty, dan Ball possession. 2.) Tim Sidoarjo memiliki keunggulan yang paling dominan pada field goal persentase dan rebound setiap pertandingan yang telah dibandingkan dengan tim lawan.


 


Kata kunci: Keunggulan, Statistik, Bolabasket, Porprov


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.