PENGARUH PROGRAM LATIHAN EKSTREMITAS TUBUH ATAS TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN PADA ATLET JUDO PUTRA UPT. SMANOR JATIM

DESSO BOY SONYANTA

Abstract


Olahraga beladiri judo adalah seni beladiri bertahan dan menyerang menggunakan tangan kosong. Dalam bentuk permainan olahraga yang dominan dengan teknik bantingan dan kuncian ini, membutuhkan kekuatan otot yang prima, aktifitas gerak yang cepat dan terarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh latihan Barbell Curls dan Triceps Extention terhadap peningkatan kekuatan otot lengan.


Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah atlet judo putra SMA Negeri Olahraga sebanyak 10 atlet dengan usia 15 sampai dengan 18 Tahun. Prosedur Pelaksanaan tes Kekuatan Otot Lengan dorong dengan alat expanding dynamometer.


Berdasarkan hasil penelitian dan sumber yang dipelajari dapat disimpulkan latihan Barbell Curls dan Triceps Extention memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kekuatan otot lengan dengan koefisien korelasi 0.994.  Sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel Barbell Curls dan Triceps Extention terhadap kekuatan otot lengan adalah 89,1% sedangkan 10,9% ditentukan oleh variabel yang lain.


 


Kata Kunci: Judo, Kekuatan, Barbell Curls dan Triceps Extention


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.