MANAJEMEN PEMBINAAN PRESTASI TIM FUTSAL DYVY FUTSAL TEAM SIDOARJO

ACHMAT MARDIYANTO

Abstract


Futsal merupakan salah satu cabang olahraga beregu yang banyak diminati oleh masyarakat, hal ini dapat di buktikan dengan adanya tim futsal yang menjadi sebuah tempat pembinaan bagi anak-anak untuk berlatih dan belajar bermain futsal untuk menjadi pemain yang profesional. Tim futsal ini adalah organisasi yang dikelola oleh perorangan atau kelompok dengan tujuan menghasilkan pemain futsal yang baik dan berprestasi. Selain kualitas latihan, ada faktor-faktor pendukung lain yang ikut menentukan kualitas latihan yaitu hasil penemuan penelitian, sarana dan prasarana latihan, kemampuan atlet, dan sebagainya. Selain itu faktor lain yang mendukung keberhasilan sebuah prestasi atlet yaitu faktor manajemen pengorganisasian. Salah satu organisasi olahraga yang bergerak dalam bidang pembinaan cabang olahraga futsal dan sudah diketahui banyak orang di daerah Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya adalah Tim Futsal Dyvy FT Sidoarjo.


Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif yaitu data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara pada manajemen klub futsal di Tim Futsal Dyvy FT Sidoarjo. Subyek penelitian ini meliputi pengurus, pelatih, pemain/atlet, dan orang tua pemain.


 


Hasil penelitian ini adalah analisa manajemen Tim Futsal Dyvy FT Sidoarjo yaitu sarana dan prasarana, prestasi, program latihan, perekrutan pemain, dan pendanaan. Tim Futsal Dyvy FT tersebut memiliki sarana dan prasana yang bisa dikatakan baik untuk menunjang prestasi pemain. Kemudian prestasi klub tersebut yang paling baik adalah juara 2 kali berturut-turut Liga Nusantara tingkat Jawa Timur. Dalam menerapkan program latihan pelatih membicarakan dengan pengurus lainnya untuk saling memberikan masukan serta berasal dari penataran pelatih yang di ikuti. Pada Tim Futsal Dyvy Sidoarjo proses prekrutan pemain tidak ada karena di tim futsal ini siapa pun bisa mengikuti latihan yang memiliki keseriusan, sungguh-sungguh dalam mengikuti latihan dan menuruti instruksi pelatih. Dan untuk pendanaan pada Tim Futsal Dyvy FT Sidoarjo ini berasal dari pemilik klub Tim Futsal Dyvy FT Sidoarjo.


 


Kesimpulannya adalah semua kekurangan dan keterbatasan yang ada di Tim Futsal Dyvy FT Sidoarjo dapat motivasi dan mampu menghasilkan bibit pemain futsal yang ada di Indonesia dan Klub mampu meraih prestasi dalam mengikuti setiap kejuaraan.


Kata kunci : Manajemen, Prestasi, Tim Futsal Dyvy FT Sidoarjo


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.