ANALISIS TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA KLUB SINAR HARAPAN TULANGAN SIDOARJO PADA LIGA 3 REGIONAL JATIM

FERRY FEBRIANTO

Abstract


Dalam permainan sepakbola untuk menjadi seorang pemain sepakbola yang baik, maka teknik dasar dalam permainan sepakbola harus betul-betul dikuasai dan tentunya ditunjang dengan unsur yang lain sehinggah peningkatan prestasi dan permainan yang bermutu dapat dicapai. Untuk menciptakan permainan yang bagus dan baik dalam tim tersebut harus ada kerja sama yang baik. Dalam hal ini teknik dasar dan kemampuan menerapkannya dalam permainan lebih diutamakan. Tujuan penelitian  ini adalah  untuk mengetahui berapa prosentase kemampuan pemain Sinar Harapan melakukan teknik dasar  mengoper, menggiring, menyundul, dan menembak pada kompetisi Liga 3 Regional Jatim.   


      Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif non hipotesis sehingga dalam langkahnya tidak perlu merumuskan hipotesis. . Sasaran penelitian adalah pemain Sinar Harapan Tulangan Sidoarjo pada Kompetisi Liga 3 Regional Jatim. Dalam penelitian ini menggunakan model populasi sehingga sampel yang digunakan adalah semua pemain klub Sinar Harapan Tulangan Sidoarjo yang masuk dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) yang akan dimainkan pada saat pertandingan.


      Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari 3 pertandingan klub Sinar Harapan, teknik dasar yang paling dominan adalah teknik dasar mengoper dengan rata-rata sebesar 203 kali dengan prosentase 63,43%, sedangkan pada teknik dasar menggiring dengan rata-rata sebesar 69,33 kali dengan prosentase 21,67%, pada teknik dasar menyundul dengan rata-rata sebesar 37,33 kali dengan prosentase 11,67% dan pada teknik dasar menembak dengan rata-rata 10,33 dengan prosentase sebesar 3,23%.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.