ANALISIS POLA PENYERANGAN DAN POLA PERTAHANAN PERMAINAN SEPAKBOLA PADA KLUB SINAR HARAPAN TULANGAN SIDOARJO DI LIGA 3 REGIONAL JATIM

ABDUL WAFI DHIYAUDDIN

Abstract


Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang sangat populer dan digemari oleh seluruh masyarakat di Indonesia, perkembangannya telah tumbuh dan berkembang sangatlah pesat. Hampir di setiap kota maupun kabupaten mempunyai organisasi yang membantu dan meningkatkan prestasi sepakbola Indonesia dengan adanya kompetisi atau kejuaraan. Namun, untuk mencapai tujuan dari permainan ini, setiap tim harus bisa menetapkan taktik atau strategi terutama dalam hal pola penyerangan dan pola pertahanan sesuai kondisi dari masing-masing pemain. Untuk bisa menerapkan taktik atau strategi yang tepat, dibutuhkan pemahaman mengenai pola penyerangan dan pola pertahanan sepakbola.


                Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penyerangan dan pola pertahanan pemain sepakbola pada klub Sinar Harapan Tulangan Sidoarjo di liga 3 regional jatim. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai salah satu sumber ilmiah bagi masyarakat dalam bidang sepakbola, dan untuk memudahkan para pelatih dalam menganalisa pemain sepakbola terhadap pola penyerangan dan pola pertahanan.Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang memaparkan gambaran aktivitas keterampilan pola penyerangan dan pola pertahanan yang dilakukan oleh pemain Sinar Harapan pada kompetisi liga 3 regional jatim 2017 Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata klub Sinar Harapan melakukan pola penyerangan dari sisi kanan lapangan sebesar 16.67 dengan presentase 25.78% sebanyak 50 kali, bagian tengah lapangan sebesar 28.67 dengan presentase 44.33% sebanyak 86 kali, dan sisi kiri lapangan sebesar 19.33 dengan presentase 29.90% sebanyak 58 kali. Sedangkan, rata-rata pola pertahanan dari sisi kanan lapangan sebesar 15.33 dengan presentase 23.36% sebanyak 46 kali, bagian tengah lapangan sebesar 28.67 dengan presentase 43.66% sebanyak 86 kali, dan dari sisi kiri lapangan sebesar 21.67 dengan presentase 32.99% sebanyak 65 kali.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.