KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT TUNGKAI,  POWER LENGAN, DAN KEKUATAN OTOT PERUT TERHADAP OPEN SPIKE PADA ATLET BOLAVOLI

ARSYADA ANDREANA NEVADA

Abstract


Olahraga bolavoli di kenal di masyarakat, ada salah satu olahraga yang mirip bolavoli yang di kenal sejak abad pertengahan di Negara – Negara Romawi dan kemudian dari Itali permaianan olahraga tersebut di perkenalkan di Jerman tahun 1893 dengan nama “faustball”.


Cabang olahraga bolavoli saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, dimana mula-mula Tujuan dari permainan bolavoli adalah bersifat rekreasi yaitu untuk mengisi waktu luang atau hanya sekedar mencari kesenangan. Kemudian berkembang kearah tujuan yang lain yaitu meningkatkan prestasi. Dalam usaha meraih suatu prestasi olahraga, seorang atlet harus memiliki kondisi fisik yang prima. Semakin luas dan semakin tinggi persiapan kondisi fisik umum semakin tinggi pula kemungkinan prestasi yang dapat dicapai.


Kekuatan otot tungkai adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan kekuatan otot-otot tungkai secara maksimal dalam periode yang singkat. Power lengan, power merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan kekuatan maksimum di saat dibutuhkan secara cepat. Power merupakan salah satu komponen kondisi fisik yang dibutuhkan dalam olahraga. Kekuatan adalah kemampuan otot untuk mengangkat beban secara maksimal mungkin. Kekuatan yang di cari adalah kontribusi kekuatan otot perut yang di gunakan dalam gerakan open spike.


Tujuan penelitian ini untuk 1) Untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi kekuatan otot tungkai terhadap open spike pada atlet bolavoli. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi power lengan terhadap open spike pada atlet bolavoli. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi kekuatan otot perut terhadap open spike pada atlet bolavoli. 4) Untuk mengetahui berapa besar kontribusi kekuatan otot tungkai, power lengan, dan kekuatan otot perut terhadap open spike  pada atlet bolavoli. 


Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara kekuatan otot tungkai, kekuatan otot lengan dan kekuatan otot perut terhadap open spike pada klub Putri Malvinas Tulungagung dengan dibuktikan degan nilai korelasi antara masing-masing variabel bebas yaitu kekuatan otot tungkai (0,739), kekuatan otot lengan (0,208) dan kekuatan otot perut (0,261) terhadap variabel terikat lebih besar dari (0,05). Sedangkan untuk besarnya kontribusi antara keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebasar 43,2%.


Kata kunci: bolavoli dan open spike.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.