FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN SISWA SMA NEGERI 1 MANYAR GRESIK DI BERBAGAI TURNAMEN FUTSAL TINGKAT REGIONAL DAN NASIONAL TAHUN AJARAN 2016/2017

AHMAD ALYYAFY

Abstract


Keberhasilan adalah aktivitas-aktivitas yang dilakukan dengan desain sasaran ke dalam program jangka pendek, menengah, dan panjang untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, perlu mengorganisasikan sumber-sumber yang dimiliki untuk kemudian mendayaguna-kan secara optimal.


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berperan besar dalam pencapaian tujuan atau prestasi dalam futsal. Sasaran penelitian ini adalah semua elemen yang tergabung dalam SMA Negeri 1 Manyar Gresik, mulai dari manajemen, pelatih, pemain, masyarakat, serta pemerintah.


Metode dalam analisa ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan (observation) dan wawancara (interview).


Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan cara pengamatan (observation) dan wawancara (interview) dapat disimpulkan bahwa faktor yang berperan dalam keberhasilan pencapaian prestasi SMA Negeri 1 Manyar di Berbagai Turnamen Futsal Tingkat Regional dan Nasional adalah manajemen yang optimal, elemen-elemen yang bersinergi menjadi satu kesatuan yang utuh, sistem pendanaan yang lancar, sarana dan prasarana yang memadai, Pelatih yang mempunyai kompetensi yang berorientasi pada transfer of skill, serta motivasi tinggi yang dimiliki atlet.


 


Kata kunci: Faktor-faktor, penentu keberhasilan, SMA Negeri 1 Manyar Gresik.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.