Kontribusi Kekuatan Otot Lengan, Fleksibilitas Pergelangan Tangan, Dan Perkenaan Raket Dengan Shuttlecock Terhadap Ketepatan Akurasi Pukulan Lob Dalam Bulutangkis

MUFARRIHUL IHSAN

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kekuatan otot lengan, fleksibilitas pergelangan tangan, dan perkenaan raket dengan shuttlecock terhadap ketepatan akurasi pukulan lob, study pada UKM Bulutangkis Universitas Negeri Surabaya, sampel pada penelitian ini atlet putra mahasiswa baru angkatan 2017 UKM Bulutangkis Universitas Negeri Surabaya sebanyak  9 orang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan metode korelasional. Tes yang digunakan adalah tes push up, goniometer test, dan tes pukulan lob yang di ambil gambar zoom in dengan dukungan Sport Video Analisis Kinovea.


Berdasar hasil penelitian. Hasil korelasi individual kekuatan otot lengan adalah 0,315, dan fleksibilitas pergelangan tangan adalah 0,393, sedangkan didapat dari hasil analisis software kinovea perkanaan impact raket dengan shuttlecock bahwa point paling besar 5 dengan perkenaan tepat di tengah sebesar 32,22 %, 5,01 % terjadi kesalahan (out), dan perkenaan pada area bawah raket sebesar 1,11 %.  Dari hasil perhitungan diketahui bahwa  fleksibilitas pergelangan tangan mempunyai kontribusi paling tinggi namun  masih di kategorikan renda atau tidak signifikan sehingga dalam melatih, variabel-variabel tersebut perlu lebih di perhatikan dalam pemberian latihan untuk atlet dalam peningkatan akurasi pukulan lob.


Kata Kunci : Kekuatan, Fleksibilitas, Impact, Lob, Bulutangkis


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.