PENGARUH LATIHAN GAME SITUATION TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX PEMAIN FUTSAL RODALI FUTSALIC KU-19

FANDI PERWIRA PAMUNGKAS

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi  dengan  tidak bagusnya kondisi daya tahan Pemain Rodali Futsalic KU-19 saat menjalani sebuah pertandingan. Dan masih belum adanya program latihan yang terencana untuk peningkatan VO2Max.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh latihan  Game Situation  terhadap tingkat VO2Max pada pemain futsal Rodali Futsalic KU-19.  Penelitian ini merupakan penelitian  eksperimen dengan desain penelitian  one group pretest and posttest design.  Populasi  penelitian ini adalah  pemain futsal yang mengikuti latihan futsal di tim Rodali Futsalic KU-19 yang berjumlah 18 pemain. Sampel penelitian ini  adalah  pemain Rodali Futsalic KU-19 yang berjumlah 18 pemain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling.


Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Yo-yo Intermittent Endurance Test. Teknik analisis data menggunakan  uji-t Berpasangan, before-after (sebelum-sesudah).


 Dari hasil uji t dapat dilihat besar nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode  latihan  Game Situation  terhadap peningkatan VO2Max pada pemain futsal Rodali Futsalic KU-19. Apabila dilihat dari selisih nilai rata-rata sebesar 1,0389.


 


            Kata Kunci : Game Situation, VO2Max


 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.